UGD Rawat Inap

KOMPONEN STANDAR PELAYANAN

 

IDENTIFIKASI KOMPONEN
A.  PROSES PENYAMPAIAN PELAYANAN  ( SERVICE DELEVERY )

 

Persyaratan Pelayanan 1.     Membawa kartu Jaminan Kesehatan Nasional

 

 

Sistem , Mekanisme dan Prosedur 1.    Perawat menyiapkan alat – alat Buku Register UGD

2.    Perawat menghubungi dokter lewat telpon dan menyampaikan keadaan pasien

3.    Perawat menanyakan kepada dokter, apakah dokter bisa datang atau tidak.

4.    Bila dokter tidak datang, sarankan dokter memberikan intruksi secara lisan.

5.    Perawat mencatat intruksi tersebut pada catatan keperawatan dengan disaksikan ole perawat lain sebagai saksi.

6.    1 x 24 jam setelah pemberian instruksi perawat megingatkan dokter untuk menuliskan instruksi tersebut pada catatan dokter dan diberi tanda tangan.

 

Jangka Waktu Pelayanan Jam Pelayanan 1×24 Jam
Biaya / Tarif 1.   Gratis ( Pasien Peserta Jaminan Kesehatan )

2.   Bayar Retribusi (pasien umum) sesuai Perbup Nomor : 108 Tahun 2019 tentang  Tarif Layanan Kesehatan pada Badan Layanan Umum Daerah UPTD Puskesmas di Kabupaten Soppeng untuk pelayanan UGD antara lain :

 

1 Perawatan Luka Ringan  Rp   10.000
2 Perawatan Luka Sedang  Rp   15.000
3 Perawatan Luka Berat  Rp   20.000
4 Jahit Luka ( 1 – 5 Jahitan )  Rp   30.000
5 Jahit Luka ( 6 – 10 Jahitan)  Rp   45.000
6 Jahit Luka ( 11 – 15 Jahitan )  Rp   60.000
7 Jahit Luka (  >15 Jahitan )  Rp   80.000
8 AFF Hecting  Rp   10.000
9 Insisi  Rp   25.000
10 Venaseksi  Rp 120.000
11 Ekstraksi Benda Asing  Rp   40.000
12 Pasang Kateter  F + 25,000
13 AFF Kateter  Rp   10.000
14 Pasang Sonde Lambung  F + 35,000
15 Pasang Infus  F + 25,000
16 Ganti Verban luka ringan  Rp     5.000
17 Ganti Verban Luka Sedang  Rp   10.000
18 Ganti Verban Luka Berat  Rp   20.000
19 Sirkumsisi  Rp 150.000
20 Ekstirpasi  Rp 100.000
21 Ekstraksi Kuku  Rp   40.000
22 Ekstraksi Serumen  Rp   40.000
23 Tindik telinga  Rp   40.000
24 Luka Bakar ≤ 20 %  Rp   35.000
25 Luka Bakar > 20 %  Rp   70.000
26 Pasang Spalak  F + 25,000
27 Oksigen ( Liter )  F + 20%
28 Tindakan Suntik  Rp   20.000
29 Pemasangan Nebulizer  Rp 100.000
30 Irigasi Mata , Telinga dan Hidung  Rp   25.000
31 Debridemen  Rp   40.000
32 Tindakan Suction  Rp   30.000
33 Fetal Dopler  Rp   10.000
34 Visus  Rp   15.000
35 Tes Buta Warna  Rp   10.000
36 Amputasi Ruas Jari  Rp 100.000
37 Tampon Epistaksis Hidung / telinga  Rp   20.000
38 Resusitasi Jantung Paru  Rp 100.000
39 Perawatan Tali Pusat  Rp   15.000
40 Pemasangan EKG  Rp   75.000
41 Pemasangan ETT  Rp   50.000
42 Pasang Guidel  Rp   20.000
43

44

Pemasangan Neck collar

Rujukan dengan Ambulance (<10 Km pergi pulang)

 Rp   20.000

Rp   75.000

45

 

Rujukan ≥ Km,setiap menambah jarak tempuh per-Km Rp. 10.000
Produk Pelayanan 1.     Pencatatan Pasien

2.     Karcis / Resep Obat

3.     Rekam Medis Pasien

 

Pengelolaan Pengaduan 1.     Datang langsung ke puskesmas dan menemui Petugas Jaga

2.     Kotak Saran

3.     Telepon Puskesmas Citta : 0853 4031 3400

B.   PENGELOLAAN PELAYANAN DI INTERNAL ORGANISASI (MANUFACTURING)
Dasar Hukum 1.     Sesuai Keputusan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 125/MENKES/II/2008 tentang Pedoman Peyenlenggaraan Program Jaminan Kesehatan Masyarakat, Maka Pasien Jamkesmas bebas biaya;

2.     Permenkes RI NO.HK.02.02/MENKES148/1/2010 Tentang Izin Dan Penyelenggaran Praktik Perawat;

3.     Permenkes 43 Tahun 2019 tentang Puskesmas;

4.    Peraturan Daerah Kabupaten Soppeng Nomor 108 Tahun 2019 tentang Tarif Layanan Kesehatan pada Badan Layanan Umum Daerah UPTD Puskesmas di Kabupaten Soppeng;

5.     Surat keputusan Kepala UPTD Puskesmas Citta Nomor 01/ PKM-CTA/ SK/ I/ 2020 Tentang Penetapan Pengelola Program;

6.    Surat Keputusan Kepala UPTD Puskesmas Citta No.05/PKM-CTA/SK/I/2020 Tentang Jenis-Jenis Pelayanan.

Sarana , Prasarana , dan atau Fasilitas 1.     Protap / Alur pendaftaran pasien

2.     Meja,kursi pendaftaran

3.     Buku Register

4.     Karcis

5.     Resep Obat

6.     Rekam medis

7.     Tempat Tidur

8.     Brangker

9.     Kursi Roda

10.  Strelizator

11.  Lampu sorot

12.  AC

13.  Suctsion

14.  Lemari Alat

15.  Nebulazer

16.  Amubag Dewasa

17.  Trolly

18.  Sirkum set

19.  Tromol

 

Kompetensi Pelaksana a.     Pengetahuan  S1 Keperawatan

b.     Keahlian dan keterampilan Sesuai profesi dan kompetensi

c.     Pengalaman ˃ 2 tahun

 

Pengawasan internal/penanganan pengaduan a.     Teguran lisan bagi petugas yang bekerja tidak sesuai prosedur yang berlaku.

b.     Pengawasan dilakukan secara rutin oleh Kepala  Puskesmas.

c.     Kotak saran

d.     Datang langsung ke Puskesmas dan menemui Kepala Puskesmas.

 

Jumlah pelaksana a.     Dokter Umum  :  1 orang

b.     Perawat S1 : 1 orang

 

Jaminan pelayanan

 

a.     Dilaksanakan sesuai standar pelayanan,kode etik dan janji layanan

b.     Puskesmas sudah mempunyai SOP dimasing-masing layanan ( dokumen pendukung )

 

Jaminan keamanan  dan keselamatan pasien

 

a.     Seluruh pemberi layanan dipuskesmas sudah sesuai dengan kompetensi

b.     Dokter dan Perawat Memiliki STR dan SIK

Evaluasi kinerja pelaksana a.     Lokmin Puskesmas setiap bulan

b.     Penilaian kinerja Puskesmas

c.     Survey kepuasaan pasien.

 

 )

Back to top button