Puskesmas Keliling

Puskesmas keliling adalah kegiatan puskesmas yang bertujuan untuk meningkatkan pelayanan kesehatan terutama yang berhubungan dengan promotif dan preventif. Puskesmas Keliling merupakan jaringan pelayanan Puskesmas yang sifatnya bergerak (mobile), untuk meningkatkan jangkauan dan kualitas pelayanan bagi masyarakat di wilayah kerja Puskesmas yang belum terjangkau oleh pelayanan dalam gedung Puskesmas.

Puskesmas Keliling dilaksanakan secara berkala sesuai dengan jadwal yang telah ditetapkan dengan memperhatikan siklus kebutuhan pelayanan.

Unit pelayanan kesehatan keliling dilengkapi dengan kendaraan bermotor roda 4 atau roda 2 dan peralatan kesehatan, peralatan komunikasi serta sejumlah tenaga yang berasal dari Puskesmas. Fungsinya menunjang dan membantu melaksanakan kegiatan-kegiatan Puskesmas dalam wilayah kerjanya yang belum terjangkau oleh pelayanan kesehatan.

Kegiatan Puskesmas Keliling adalah :

  1. Memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat di daerah terpencil yang tidak terjangkau oleh pelayanan Puskesmas atau Puskesmas Pembantu.
  2. Melakukan penyelidikan tentang kejadian luar biasa.
  3. Dipergunakan sebagai alat transpor penderita dalam rangka rujukan bagi kasus gawat darurat.
  4. Melakukan penyuluhan kesehatan.

Tujuan Puskesmas Keliling (PUSLING)

Tujuan dari Puskesmas Keliling adalah untuk meningkatkan jangkauan dan mutu pelayanan kesehatan bagi masyarakat terutama masyarakat di daerah terpencil/sangat terpencil dan terisolasi baik di darat maupun di pulau-pulau kecil serta untuk menyediakan sarana transportasi dalam pelaksanaan pelayanan kesehatan.

Fungsi Puskesmas Keliling (PUSLING)

Fungsi dari Puskesmas Keliling adalah sebagai:

  1. Sarana transportasi petugas;
  2. Sarana transportasi logistik;
  3. Sarana pelayanan kesehatan; dan
  4. Sarana pendukung promosi kesehatan.

Peran Puskesmas Keliling (PUSLING)

Adapun peran Puskesmas Keliling adalah:

  1. Meningkatkan akses dan jangkauan pelayanan dasar di wilayah kerja Puskesmas.
  2. Mendukung pelaksanaan pelayanan kesehatan di daerah yang jauh dan sulit.
  3. Mendukung pelaksanaan kegiatan luar gedung seperti Posyandu, Imunisasi, KIA, penyuluhan kesehatan, surveilans, pemberdayaan masyarakat, dll.
  4. Mendukung pelayanan rujukan.
  5. Mendukung pelayanan promotif dan preventif.
  1. STANDAR PELAYANAN PUSKESMAS KELILING

 

NO KOMPONEN STANDAR PELAYANAN IDENTIFIKASI KOMPONEN KET
A.   PROSES PENYAMPAIAN PELAYANAN (SERVICE DELIVERY)  
1. Persyaratan Pelayanan a.    KTP atau Tanda Pengenal Lainnya

b.    Membawa Kartu Jamina Kesehatan

c.

 
2. Sistem Mekanisme Dan Prosedur a.    Pasien mengambil nomor antrian dan mendaftar di bagian pendaftaran.

b.    Pasien memperlihatkan identitas dan kartu jaminan kesehatan.

c.    Pasien menuju ke bagian pemeriksaan

d.    Dilakukan anamnesa kepada pasien

e.    Dilakukan pemeriksaan fisik dan pemeriksaan penunjang

f.     Dilakukan tindakan apabila diperlukan

g.    Diberikan resep obat sesuai diagnose

h.   Pasien menyerahkan resep yang diberikan oleh dokter kepada bagian obat

i.     Petugas mengecek obat yang ada di daftar resep

j.     Petugas menyediakan obat yang ada di daftar resep

k.    Petugas menyerahkan obat kepada pasien dan menjelaskan etiket dan cara pemakaian obat.

 

 
3 Jangka Waktu Pelayanan Menyesuaikan waktu Pelayanan  
4 Biaya / Tarif 1.    Gratis (Pasien Peserta Jaminan Kesehatan)

2.    Bayar Retribusi (pasien umum) sesuai Perbup Nomor : 108 Tahun 2019 tentang  Tarif Layanan Kesehatan pada Badan Layanan Umum Daerah UPTD Puskesmas di Kabupaten Soppeng.

 

 
5 Produk Pelayanan a.    Mendapatkan pemeriksaan dan penjelasan tentang penyakit

b.    Mendapatkan tindakan yang diperlukan

c.    Mendapatkan resep sesuai diagnosa

d.    Mendapatkan rujukan apabila diperlukan

e.    Mendapatkan obat sesuai keluhan

 

 
6 Pengelolaan Pengaduan a.    Datang langsung ke Puskesmas menemui Kepala Puskesmas

b.    Kotak saran

c.    Email : puskesmas.citta@gmail.com

d.    Nomor Telp/HP Kepala Puskesmas : 085340313400

 
B.   PENGELOLAAN PELAYANAN DI INTERNAL ORGANISASI (MANUFACTURING)
7 Dasar Hukum 1     Peraturan Menteri Kesehatan RI Nomor 69 Tahun 2013 tentang Standar tarif pelayanan Kesehatan pada Fasilitas Tingkat Pertama dan Fasilitas Kesehatan Tingkat lanjutan dalam penyelenggaraan Program Jaminan Kesehatan;

2     Permenkes RI Nomor 43 Tahun 2019 tentang Puskesmas;

3.    Peraturan Daerah Kabupaten Soppeng Nomor 108 Tahun 2019 tentang Tarif Layanan Kesehatan pada Badan Layanan Umum Daerah UPTD Puskesmas di Kabupaten Soppeng;

4.    Keputusan Kepala UPTD Puskesmas Citta Nomor 01/PKM-CTA/I/2020 tentang Penetapan Pengelola Program.

5.    Surat Keputusan Kepala UPTD Puskesmas Citta No.05/PKM-CTA/I/2020 tentang Jenis- Jenis Pelayanan.

 

 
8 Sarana, Prasarana, dan atau Fasilitas 1.    Mobil Puskel

2.    Buku Register

3.    Alat medis

4.    Obat-obatan

5.    Timbangan dan Pengukur Tinggi Badan

 

 
9 Kompetensi Pelaksana 1.    Pengetahuan Pendidikan semua klasifikasi pendidikan bidang kesehatan

2.    Keahlian dan Keterampilan Sesuai Profesi dan Kompetensi

 

 
10 Pengawasan Internal/

Penanganan Pengaduan

1.    Teguran Lisan bagi Petugas yang bekerja tidak sesuai prosedur pelayanan yang berlaku

2.    Pengawasan dilakukan secara rutin oleh Kepala Puskesmas

3.    Kotak Saran

4.    Email Puskesmas : puskesmas.citta@gmail.com

5.    Nomor Telp / HP kepala Puskesmas : 085340313400

 

 
11 Jumlah Pelaksana Petugas Kesehatan  :  5 Orang

 

 

 
12 Jaminan Pelayanan 1.    Dilaksanakan sesuai standar pelayanan, kode etik, dan janji layanan

2.    Puskesmas sudah mempunyai SOP di masing-masing layanan (dokumen pendukung)

 

 
13 Jaminan Keamanan Seluruh pemberi layanan di puskesmas sudah sesuai dengan kompetensi dan Memiliki STR dan SIK

 

 
14 Evaluasi Kinerja Pelaksana 1.    Lokmin Puskesmas setiap bulan

2.    Peniaian Kinerja Puskesmas

3.    Survey Kepuasan Pasien

 

 

Back to top button