Poli Umum

 

NO KOMPONEN STANDAR PELAYANAN IDENTIFIKASI KOMPONEN KET
A.   PROSES PENYAMPAIAN PELAYANAN (SERVICE DELIVERY)  
1. Persyaratan Pelayanan Pasien datang sendiri atau diantar keluarga

 

 
/2. Sistem Mekanisme Dan Prosedur 1.  Penderita harus datang sendiri/dengan pendamping

2.  Dilakukan anamnesa kepada pasien

3.  Dilakukan pemeriksaan fisik dan pemeriksaan penunjang

4.  Dilakukan tindakan apabila diperlukan

5.  Diberikan resep obat sesuai diagnosa

 

 
3 Jangka Waktu Pelayanan 7 menit  
4 Biaya / Tarif 1.   Gratis (Pasien Peserta Jaminan Kesehatan)

2.    Bayar Retribusi (pasien umum) sesuai Perbup Nomor : 108 Tahun 2019 tentang  Tarif Layanan Kesehatan pada Badan Layanan Umum Daerah UPTD Puskesmas di Kabupaten Soppeng untuk pelayanan pada poliklinik antara lain :

1. Pelayanan poliklinik Rp. 20.000  
2. Kesehatan badan umum (SKBS) Rp. 20.000
3. Kesehatan badan anak sekolah Rp. 10.000
4. Kesehatan badan ditanggung perusahaan Rp. 30.000
5. Visum Et Repertum Rp. 40.000
 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

5 Produk Pelayanan 1.  Mendapatkan pemeriksaan dan penjelasan tentang penyakit

2.  Mendapatkan tindakan yang diperlukan

3.  Mendapatkan resep sesuai diagnosa

4.  Mendapatkan rujukan apabila diperlukan

 

 
6 Pengelolaan Pengaduan 1.  Datang langsung ke Puskesmas menemui Kepala Puskesmas

2.  Kotak saran

3.  Email : puskesmas.citta@gmail.com

4.  Nomor Telepon : 0853 4031 3400

 

 
B.   PENGELOLAAN PELAYANAN DI INTERNAL ORGANISASI (MANUFACTURING)
7 Dasar Hukum 1.    Peraturan Menteri Kesehatan RI Nomor 69 Tahun 2013 tentang Standar tarif pelayanan Kesehatan pada Fasilitas Tingkat Pertama dan Fasilitas Kesehatan Tingkat lanjutan dalam penyelenggaraan Program Jaminan Kesehatan;

2.    Permenkes Nomor 43 Tahun 2019 tentang Puskesmas;

3.    Peraturan Daerah Kabupaten Soppeng Nomor 108 Tahun 2019 tentang Tarif Layanan Kesehatan pada Badan Layanan Umum Daerah UPTD Puskesmas di Kabupaten Soppeng;

4.    Keputusan Kepala UPTD Puskesmas Citta Nomor 01/PKM-CTA/I/2020 tentang Penetapan Pengelola Program;

5.    Surat Keputusan Kepala UPTD Puskesmas Citta No.05/PKM-CTA/SK/I/2020 Tentang  Jenis-Jenis Pelayanan.

 
8 Sarana, Prasarana, dan atau Fasilitas 1.  Protap/Tupoksi/Alur Pelayanan Pasien

2.  Meja Instrumen

3.  Buku Register

4.  Lemari Alat

5.  Bed Pasien

6.  Alat medis

7.  Westafel

8.  Timbangan dan Pengukur Tinggi Badan

 

 
9 Kompetensi  Pelaksana 1.  Pengetahuan :

Pendidikan S1 Kedokteran 1 orang

Pendidikan S1 Keperawatan  1 orang

2.  Keahlian dan Keterampilan

Sesuai Profesi dan Kompetensi

3.  Pengalaman >10  tahun

 

 
10 Pengawasan Internal/

Penanganan Pengaduan

1.  Teguran Lisan bagi Petugas yang bekerja tidak sesuai prosedur pelayanan yang berlaku

2.  Pengawasan dilakukan secara rutin oleh  Kepala Puskesmas

3.  Kotak Saran

4.  Email Puskesmas : puskesmas.citta@gmail.com

6.  Nomor Telepon : 0853 4031 3400

7.  Datang Langsung ke Puskesmas dan menemui Kepala Puskesmas

 

 
11 Jumlah Pelaksana Dokter Umum : 1 orang

Perawat  : 2 orang

 

 
12 Jaminan Pelayanan 1.  Dilaksanakan sesuai standar pelayanan, kode etik, dan janji layanan

2.  Puskesmas sudah mempunyai  SOP di masing-masing layanan (dokumen pendukung)

 

 
13 Jaminan Keamanan Seluruh pemberi layanan di puskesmas sudah sesuai dengan kompetensi dan Memiliki STR dan SIK

 

 
14 Evaluasi Kinerja Pelaksana 1.  Lokmin Puskesmas setiap bulan

2.  Peniaian Kinerja Puskesmas

3.  Survey Kepuasan Pasien

 

 

 

 

 

 

 

Back to top button