Poli Kia/KB

 

STANDAR PELAYANAN KESEHATAN IBU DAN ANAK (KIA)

NO KOMPONEN STANDAR PELAYANAN IDENTIFIKASI KOMPONEN KET
A.  PROSES PENYAMPAIAN PELAYANAN (SERVICE DELIVERY)  
1. Persyaratan Pelayanan a.    Pasien sudah mendaftar di bagian pendaftaran

b.    Membawa buku KIA ( Pasien Lama )

c.    Membawa foto copy KTP dan kartu BPJS.

 

2. Sistem, Mekanisme dan prosedur a.  Pasien antri di depan ruangan KIA setelah mendapat family folder dari bagian pendaftaran.

b.  Setelah pasien dipanggil oleh petugas, pasien masuk diruangan KIA, yang perlu diperhatikan petugas adalah

·         Apakah pasien baru atau berulang

·         Apakah hamil atau tidak

1)    Pasien Baru

Membuatkan buku KIA dan melakukan anamnese, memberikan pasien pengantar ke polik gigi, ke petugas gizi lalu pasien dianjurkan kembali ke ruang KIA.

Menganjurkan pasien ke Bagian Laboratorium untuk pemeriksaan HB, Golda, DDR, Reduksi dan Albumin dll.

2)    Pasien Lama

Meminta buku KIA

c.  Melakukan pemeriksaan fisik dari kepala sampai kaki.

d.  Melaksanakan tata laksana kasus sesuai keadaan pasien.

e.  Penapisan risiko / Komplikasi.

f.   Merujuk ke polik umum jika perlu penanganan dokter.

g.  Melakukan konseling sesuai umur kehamilan dan keadaan pasien.

h.   Pasien ke Apotik dan langsung pulang.

 

3. Jangka Waktu Pelayanan a.    Pasien Baru   25 – 30 Menit

b.    Pasien ulang 10 – 15 Menit

 

4. Biaya / Tarif a.   Gratis (Pasien Peserta Jaminan   Kesehatan)

b.    Bayar Retribusi (pasien umum) sesuai Perbup Nomor : 108 Tahun 2019 tentang  Tarif Layanan Kesehatan pada Badan Layanan Umum Daerah UPTD Puskesmas di Kabupaten Soppeng untuk pelayanan di ruangan KIA antara lain:

1. Pelayanan ANC Rp. 25.000
2. Pemeriksaan IVA Rp. 25.000
 

 

 

 

 

 

 

 

 

5. Produk Pelayanan a.  Buku KIA

b.  Kohor

c.  Register

d.  Kartu Ibu

e.  Format Laporan

 

6. Pengelolaan Pengaduan a.  Datang langsung ke Puskesmas dan menemui Kepala Puskesmas

b.  Kotak Saran

c.  Email:puskesmas.citta@gmail.com

d.  Nomor Telepon : 0853 4031 3400

 

 

 

 

 

 

 

 

B.PENGELOLAAN PELAYANAN DI INTERNAL ORGANISASI (MANUFACTURING)

 

7. Dasar Hukum a.  Permenkes Nomor 4 Tahun 2019 Tentang Standar Teknis Pemenuhan Mutu Pelayanan Dasar pada Standar Pelayanan Minimal Bidang (SPM) Kesehatan.

b.   Permenkes Nomor 43 Tahun 2019 tentang Puskesmas.

c.    Peraturan Daerah Kabupaten Soppeng Nomor 108 Tahun 2019 tentang Tarif Layanan Kesehatan pada Badan Layanan Umum Daerah UPTD Puskesmas di Kabupaten Soppeng.

d.  Surat Keputusan Kepala UPTD Puskesmas Citta Nomor : 01/PKM-CTA/SK/I/2020 Tentang Pengelola Program;

e.  Surat Keputusan Kepala UPTD Puskesmas Citta No.05/PKM-CTA/SK/I/2020 Tentang  Jenis-Jenis Pelayanan.

8. Sarana Prasarana dan atau Fasilitas a.  Ruang Tunggu

b.  Protap/Tupoksi

c.  Meja,Kursi,bangku periksa

d.  Buku register, kohort, kartu Ibu, buku KIA

e.  Lemari Arsip

f.   Tensimeter

g.  Timbangan, Microtois

h.  Lembar Balik

9. Kompetensi Pelaksana a.  D4 Bidan Pendidik : 1 orang

b.  Keahlian dan keterampilan sesuai profesi           dan kompetensi

c.  Pengalaman ± 14 tahun

10. Pengawasan Internal / Penanganan Pengaduan a.  Teguran lisan bagi petugas yang bekerja tidak sesuai prosedur yang berlaku

b.  Pengawasan dilakukan secara rutin oleh Kepala Puskesmas

c.  Kotak saran

d.  Email : puskesmas.citta@gmail.com

e.  Datang langsung ke Puskesmas dan

menemui Kepala Puskesmas

11. Jumlah Pelaksana D4 Bidan Pendidik : 1 Orang
12. Jaminan Pelayanan a.  Dilaksanakan sesuai standar pelayanan, kode etik dan janji pelayanan

b.  Puskesmas sudah mempunyai SOP di masing-masing layanan (Dokumen pendukung)

 

13. Jaminan Keamanan dan Keselamatan Pelayanan Pemberi pelayanan di Puskesmas sudah sesuai dengan kompetensi

 

14. Evaluasi Kinerja Puskesmas a.  Lokmin Puskesmas setiap bulan

b.  Penilaian Kinerja Puskesmas

c.  Survey Kepuasan Pasien

STANDAR PELAYANAN KELUARGA BERENCANA (KB)

 

NO KOMPONEN STANDAR PELAYANAN IDENTIFIKASI KOMPONEN KET
A.   PROSES PENYAMPAIAN PELAYANAN (SERVICE DELIVERY)

 

1 Persyaratan Pelayanan 1.    Pasien sudah mendaftar di bagian pendaftaran

2.  Petugas loket  mengantar buku family folder rekam medis ke poli KB.

 
2 Sistem, Mekanisme dan Prosedur 1.    Pasien mendaftar di loket karcis

2.  Petugas kartu mengurut pasien berdasarkan no urut Peserta Baru,Petugas menanyakan dan mencatat di buku register  tentang :Nomor Seri   Kartu, Nama Ibu /Suami ,Tanggal Lahir, Umur, Alamat, Pekerjaan, Pendidikan dan Punya anak berapa

3.  Petugas mengidentifikasi dengan cara mencocokkan kartu status peserta Akseptor

4.  Petugas melakukan konseling tentang:

a.Jenis – jenis alkon

b.Keuntungan alkon

c.Efek samping alkon

5. Peserta sudah memilih alkon yang akan di

gunakannya

6. Petugas melakukan anamnese tentang riwayat

HPHT, Hamil atau tidak, GPA ,Menysui atau

tidak, Riwayat Penyakit:sakit kuning, perdarahan

pervagina, Keputihan dan ada tidak tumor.

7. Petugas melakukan pemeriksaan fisik sesuai

prosedur pemeriksaan dan mencatat hasil

pemeriksaan.

8. Petugas mencatat di buku register pelayanan.

9. Peserta Akseptor KB dianjurkan untuk datang

control bila ada keluhan dan kembali kunjungan

ulang sesuai jadwal yang telah ditentukan.

 

 
3. Jangka Waktu Pelayanan 1. Pasien Baru 15- 20 Menit

2. Pasien Lama 10 – 30 Menit

 

 
4. Biaya / Tarif 1.   Gratis (Pasien Peserta Jaminan Kesehatan)

2.    Bayar Retribusi (pasien umum) sesuai Perbup Nomor : 108 Tahun 2019 tentang  Tarif Layanan Kesehatan pada Badan Layanan Umum Daerah UPTD Puskesmas di Kabupaten Soppeng untuk pelayanan KB antara lain:

1. Suntikan KB Rp.  Rp.   25.000
2. Pemasangan Implant Rp.  Rp. 100.000
3. AFF Implant Rp.  Rp. 150.000
4. Pemasangan IUD Rp.  Rp. 100.000
5. AFF IUD Rp.  Rp. 150.000
 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

5. Produk Pelayanan 1.    Buku Register

2.  Kartu Status Peserta KB (K/IV)

3.  Kartu KB  (K/I)

4.  Informed Consent (Persetujuan Tindakan)

5.  Format Laporan

 

 
6. Pengelolaan Pengaduan 1.    Datang langsung ke Puskesmas dan menemui petugas KB / Kepala Puskesmas

2.   Kotak Saran

3.  Email : puskesmas.citta@gmail.com

4.   Nomor Telepon Puskesmas : 0853 4031 3400

 

 
B.   PENGELOLAAN PELAYANAN DI INTERNAL ORGANISASI (MANUFACTURING)

 

7. Dasar Hukum a.    Permenkes Nomor 5 Tahun 2014 Tentang Panduan Praktek Klinik bagi dokter di Fasilitas Pelayanan Kesehatan Primer;

b.    Permenkes Nomor 4 Tahun 2019 Tentang Tentang Standar Teknis Pemenuhan Mutu Pelayanan Dasar pada Standar Pelayanan Minimal Bidang (SPM) Kesehatan;

c.    Permenkes Nomor 43 Tahun 2019 tentang Puskesmas;

d.    Peraturan Daerah Kabupaten Soppeng Nomor 108 Tahun 2019 tentang Tarif Layanan Kesehatan pada Badan Layanan Umum Daerah UPTD Puskesmas di Kabupaten Soppeng;

e.  Srat Keputusan Kepala UPTD Puskesmas Citta Nomor 01/PKM-CTA/SK/I/ 2020 Tentang Penetapan pengelola program;

f.   Surat Keputusan Kepala UPTD Puskesmas Citta No.05/PKM-CTA/SK/I/2020 Tentang Jenis-Jenis Pelayanan.

 

 
8. Sarana Prasarana dan atau Fasilitas a)    Ruang Tunggu

b)    Protap/Tupoksi

c)    Meja,Kursi,bangku periksa

d)    Buku register,K/I dan KIV

e)    Lemari Arsip

f)     Tensimeter

g)    Timbangan

 

 
9. Kompetensi Pelaksana 1 . Pengetahuan DIV Bidan Pendidik : 1 orang

2 . Keahlian dan Keterampilan sesuai profesi dan

Kompetensi

3 . Pengalaman 30 Tahun

 

 
10. Pengawasan Internal / Penanganan Pengaduan a.  Teguran lisan bagi petugas yang bekerja tidak sesuai prosedur yang berlaku

b.  Pengawasan dilakukan secara rutin oleh Kepala Puskesmas

c.  Datang langsung ke Puskesmas dan menemui Kepala Puskesmas

 
11. Jumlah Pelaksana DIV Bidan Pendidik : 1 Orang  
12. Jaminan Pelayanan a.    Dilaksanakan sesuai standar pelayanan,kode etik dan janji pelayanan

b.    Puskesmas sudah mempunyai SOP di masing-masing layanan (Dokumen pendukung)

 
13. Jaminan Keamanan dan Keselamatan Pelayanan

 

Pemberi pelayanan di Puskesmas sudah sesuai dengan    kompetensi

 

 
14. Evaluasi Kinerja Puskesmas a.    Lokmin Puskesmas setiap bulan

b.    Penilaian Kinerja Puskesmas

c.    Survey Kepuasan Pasien

d.    Kotak saran

 

 
Back to top button