Poli Gigi

NO KOMPONEN STANDAR PELAYANAN IDENTIFIKASI KOMPONEN KET
A.  PROSES PENYAMPAIAN PELAYANAN (SERVICE DELIVERY)  
1. Persyaratan Pelayanan Pasien membawa karcis, buku family folder dan lembar resep yang sudah terdaftar di loket pendaftaran

 

 
2. Sistem Mekanisme Dan Prosedur 1.  Petugas menyiapkan alat diagnostik yang steril dan air untuk berkumur

2.  Petugas memakai alat pelindung diri (masker dan handscon)

3.  Pasien didudukkan di dental unit

4.  Melakukan anamnese pada pasien

5.  Melakukan pemeriksaan rongga mulut secara menyeluruh untuk mengetahui oral hygiene

6.  Pemeriksaan terhadap gigi yang menjadi keluhan utama

7.  Melakukan tindakan berdasarkan diagnosa yang didapat misalnya ditambal atau dicabut sesuai dengan SOP

8.  Memberikan intruksi sesuai tindakan disertai dengan penyuluhan kesehatan gigi dan mulut

9.  Menulis resep dilembar resep

 

 
3 Jangka Waktu Pelayanan 1.    5 menit untuk pasien anak – anak

2.    15-20  menit untuk pasien dewasa

 
4 Biaya / Tarif 1.  Gratis (Pasien Peserta Jaminan Kesehatan)

2.  Bayar Retribusi (pasien umum) sesuai Perbup Nomor : 108 Tahun 2019 tentang  Tarif Layanan Kesehatan pada Badan Layanan Umum Daerah UPTD Puskesmas di Kabupaten Soppeng untuk pelayanan medic gigi dan mulut antara lain:

1. Pencabutan gigi sulung/susu Rp. 30.000
2. Pencabutan gigi permanen tanpa komplikasi Rp. 50.000
3. Pencabutan gigi permanen dengan komplikasi ringan Rp. 75.000
4. Pencabutan gigi permanen dengan komplikasi berat Rp. 100.000
5. Pencabutangigi terpendam Rp. 150.000
6. Tambalan Galss Ionomer Rp. 60.000
7. Tambalan sementara Rp. 30.000
8. Perawatan syaraf gigi dan ganti obat Rp. 30.000
9. Buka pulpa, pengisian saluran akar Rp. 35.000
10.Perawatan pulpa Capping Rp. 30.000
11. Alveolektomi Per Regio Rp. 50.000
12. Curet, Insisi,Eksisi Rp. 50.000
13. Pembersihan karang gigi per region Rp. 60.000
14. Penanganan Darurat Medik Gigi/Mulut Rp. 120.000
15. Proteza Gigi 1-8 gigi/rahang Rp. 250.000
16. Proteza gigi ≥ 9 gigi/rahang Rp. 500.000
17. Penanganan stomatitis Rp. 10.000
18. Hecting Rp. 30.000
19. Aff Hecting Rp. 10.000
 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

5 Produk Pelayanan 1.  Resep diserahkan kepada pasien

2.  Gigi yang menjadi keluhan pasien sudah tertangani dengan baik

 

 
6 Pengelolaan Pengaduan 1.    Datang langsung ke Puskesmas menemui dokter gigi Puskesmas

2.    Kotak saran

3.   Email : puskesmas.citta@gmail.com

4.   Nomor Telepon : 0853 4031 3400

5.   Petugas memberikan rujukan ke RS jika terjadi masalah serius

 

 
A.   PENGELOLAAN PELAYANAN DI INTERNAL ORGANISASI (MANUFACTURING)
7 Dasar Hukum 1.    Permenkes Nomor 1419 Tahun 2005 tentang praktik dr/drg di Puskesmas.

2.    Undang- Undang Nomor 36 Tahun 2009 tentang Kesehatan.

3.    Permenkes 43 Tahun 2019 tentang Puskesmas.

4.    Peraturan Daerah Kabupaten Soppeng Nomor 108 Tahun 2019 tentang Tarif Layanan Kesehatan pada Badan Layanan Umum Daerah UPTD Puskesmas di Kabupaten Soppeng.

5.    Keputusan Kepala UPTD Puskesmas Citta Nomor 01/PKM-CTA/I/2020 tentang Penetapan Pengelola Program;

6.    Surat Keputusan Kepala UPTD Puskesmas Citta No.05/PKM-CTA/SK/I/2020 Tentang  Jenis-Jenis Pelayanan.

 
8 Sarana, Prasarana, dan atau Fasilitas a.  Ruang Tunggu

b.  Protap, Tupoksi

c.  Meja, Kursi, Dental Unit, Compressor, senter, Buku Register

d.  Peralatan gigi

 
9 Kompetensi Pelaksana a.   Pengetahuan : Pendidikan Kedokteran Gigi

Pendidikan Kedokteran gigi

b.   Keahlian dan keterampilan :sesuai profesi dan kompetensi

c.   Pengalaman :1 tahun

 
10 Pengawasan Internal/

Penanganan pengaduan

a.  Teguran lisan bagi petugas yang bekerja tidak sesuai prosedur yang berlaku

b.  Pengawasan rutin dilakukan oleh Kepala Puskesmas

c.  Survey Kepuasan

d.  Kotak Saran

e.  Datang langsung ke Puskesmas dan menemui Kepala Puskesmas

 
11 Jumlah pelaksana Dokter gigi : 1 orang  
12 Jaminan pelayanan Dilaksanakan sesuai standar pelayanan dan kode etik pelayanan Puskesmas sudah mempunyai SOP di masing-masing layanan  
13 Jaminan keamanan Seluruh pemberi layanan di puskesmas sudah sesuai dengan kompetensi  

 

 

 

14 Evaluasi Kinerja Puskesmas

 

a.  Lokmin puskesmas setiap bulan

b.  Penilaian Kinerja Puskesmas

c.  Survey kepuasan pasien

 

 

Back to top button